Minggu, 20 November 2011

contoh membuat makalah entrepeneurship

ini adalah sebagian contoh makalah yang saya buat dengan kelompok saya ..
saya di sini cuma mau berbagi ilmu dengan anda , atas apa yang saya pelajarin ..
semoga bermanfaat yaahh ..
maap bila ada kesalahan dalam membuat ..
:))


MAKALAH  ENTREPRENEURSHIP
TOKO ANEKA KUE





Bertujuan untuk mendapatkan nilai UAS


KATA PENGANTAR


Dengan  memanjatkan  puji  dan  syukur  ke  hadirat  Tuhan  Yang  Maha  Esa , karena  dengan  Rahmat – Nya  kami  telah  dapat  menyelesaikan  penyusunan  Makalah  Entrepreneurship  ini.
Dan  kami  mengucapkan  terima  kasih  pula  untuk  Dosen  dan  teman – teman  sekalian  yang  telah  mendukung  dan  membantu  menyelesaikan  makalah  ini  dengan  sebaik  mungkin. Makalah  ini  dibuat  bertujuan  untuk  mendapatkan  nilai  UAS  (Ujian  Akhir Semester).
Kami  berharap ,semua  pihak  dapat  mendukung  makalah  ini. Kami  menyadari  bahwa  makalah  ini  masih  perlu  ditingkatkan  mutunya. Dan  semoga  makalah  ini  dapat  bermanfaat  untuk  teman – teman  yang  membacanya. Oleh  karena  itu, saran  dan  kritik  sangat  kami  harapkan.



MAKALAH  ENTREPRENEURSHIP  PADA  USAHA
“TOKO  ANEKA  KUE”

Tujuan  pembuatan  makalah  ini  adalah  salah  satu  syarat  untuk   mendapat  nilai  UAS  (Ujian  Akhir  Semester)  terbaik  pada  studi  “Entrepreneruship”  di  AMIK  BSI .  Sebagai  bahan  penulisan,  diambil  dari  proses  obsevasi, dan   wawancara  serta  beberapa  narasumber  yang  mendukung  pembuatan  makalah  ini.  Kami  menyadari  tanpa  kerjasama  yang  baik  dan  dukungan  semua  pihak,  maka  makalah  ini  tidak  akan  berjalan  dengan  lancar.  Oleh  karena  itu  pada  kesempatan  ini  kami  ingin  menyampaikan  ucapan  terima  kasih  kepada  :
1.       Tuhan  Yang  Maha  Esa,  yang  telah  memberi  Rahmat-Nya  kepada  kami  untuk  tetap  bersabar  dalam  mengahadapi  hidup  ini .
2.       Bapak  Peter   Rajagukguk,  selaku  Dosen  pembimbing  pada  studi  Entrepreneurship,  yang   banyak  memberikan  bimbingan  pelajaran  dan  pengarahan  kepada  kami.
3.       Kedua  Orang  Tua  kami,  yang  telah  memberikan  dukungan  secara  moril,  materil  dan  do’anya.
4.       Serta  teman-teman  yang  telah  turut  serta  dalam  pembuatan  tugas  makalah  ini  hingga  dapat  terselesaikan . Kami  menyadari  bahwa  pembuatan  makalah  ini  masih  banyak  kekurangan ,tapi  kami  berharap  makalah  ini  dapat  berguna  untuk semuanya.










DAFTAR  ISI

KATA  PENGANTAR.......................................................................                2
DAFTAR  ISI......................................................................................                4
BAB  I        PENDAHULUAN..........................................................                  6
1.1              Latar belakang Masalah...................................................               6
1.2              Ruang Lingkup.................................................................                7
1.3              Rumusan Masalah.............................................................               9
1.4              Maksud dan Tujuan.........................................................                10
1.5              Metode Penelitian..............................................................                11

BAB II       LANDASAN TEORI.....................................................                  15
1.            Wirausaha dan Wiraswasta...................................................               15
2.1   Pengertian........................................................................                15
2.2   Faktor Penting Wirausaha.............................................                17
2.3   Faktor Pemicu Wirausaha..............................................               18
2.4   Karakteristik Wirausaha................................................                18
                     2.       Konsep Pemasaran..................................................................              19
                               2.5  Produk...............................................................................              19
                               2.6  Price...................................................................................               19
                               2.7  Place...................................................................................              19
                               2.8  Promotion..........................................................................              19



BAB III      PEMBAHASAN.............................................................                 20
                        3.1       Identitas Perusahaan..........................................................               20
                        3.2       Identitas Pemilik.................................................................               20
                        3.3       Identitas yang membantu..................................................               20
                        3.4       Tinjauan Umum Perusahaan............................................               21
                                    a).        Sejarah....................................................................               21
                                    b).        Struktur Organisasi dan Fungsi...........................               22
                                    c).         Produk Barang.......................................................              22
                                    d).        Proses Produksi......................................................               23
                                    e).         Harga......................................................................               24
                                    f).         Sumber Daya (Peralatan dan Perlengkapan).....               24
                                    g).        Konsumen yang Dituju.........................................               25
                        3.5       Keuangan..............................................................................             25
                        3.6       Analisa SWOT.......................................................................            25
BAB IV      PENUTUP.........................................................................               26
4.1              Kesimpulan............................................................................            26
4.2              Saran.......................................................................................           27
DAFTAR  PUSTAKA..............................................................................................                       28
























BAB I
PENDAHULUAN

1.1               Latar Belakang
Latar  belakangnya  penyusunan  tugas  entrepreneurship   dari  penyusunan  usaha  atau  risent  keadaan  usaha  berdasarkan  observasi  adalah  menganalisis  aspek - aspek  yang  berhubungan  dengan  pengelolaan  sebuah  usaha  dan  untuk  memenuhi  nilai  tugas  yang  kelompok  kami  buat  dalam  melakukan  observasi  agar  mendapatkan  nilai  UAS (Ujian Akhir Semester ).  Disini  kami  juga  mengucapkan  terima  kasih  kepada  narasumber   yang  telah  memberikan  informasi  kepada  kelompok  kami  atas  usaha  yang  dijalani.
Membuka  peluang  bisnis  adalah  impian  yang  terfikirkan  oleh  setiap  orang  untuk  mendapatkan  untung  yang  sebesar – besarnya , namun  terkadang  banyak  yang  masih  takut  untuk  memulainya. Tidak bagi pemilik Toko Aneka Kue ini  yang berani membuka peluang bisnis dari modal yang tidak begitu besar dan melakukan kebisaannya ke hal yang positif sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sampai sekarang. Selain itu dengan membuka usaha sendiri kita tidak hanya membantu kehidupan kita tetapi juga membantu orang lain dengan memberi peluang kerja. Karena itu saya turut mendukung niat Anda untuk membuka peluang usaha.




1.2      Ruang Lingkup
Ruang lingkup di sini adalah menentukan jenis usaha dan mengelola administrasi usaha. Menganalisis aspek-aspek yang berhubungan dengan pengelolaan sebuah usaha akan membuat kita makin efektif menetapkan diri  sebagai calon wirausahawan.  Dengan mengobservasi sebuah usaha kita akan   mmmengetahui cara-cara pembuatan usaha kecil sampai pada cara mengelolanya.  Dengan adanya kegiatan atau observasi ini kita dapat mengetahui bagaimana mendirikan sebuah usaha sederhana . 
Toko Aneka kue adalah salah satu toko yang menerima pesanan kue satuan atau paketan.Toko Aneka Kue ini sangat diburu oleh orang-orang yang sedang atau ingin merayakan hari ulang tahun,pernikahan atau pun acara-acara lain untuk memberikan simbolis kue tanda cinta atau selamat.Toko kue ini bisa menerima semua pesanan pelanggannya tergantung bentuk atau ukuran yang diinginkan.Selain kue tart toko Aneka Kue menyediakan snack-snack basah seperti  kue sus,dadar gulung,kue lumpur,pastel,lontong isi,semar mendem,putu ayu dan masih banyak lagi tergangtung pesanan pelanggan.
Snack-snack basah tersebut juga bisa untuk acara pengajian,seserahan,arisan atau pun acara lainnya.Toko kue rumahan ini selain tetangga sekitar,juga mempunyai pelanggan setia dari luar komplek yang jauh dari lingkungan rumahnya.Meskipun belum menjadi perusahaan besar toko kue rumahan ini selalu banyak menerima pesanan.
Dan dari usaha rumahan ini lah pemilik dapat memenuhi kebutuhan dirinya dan ke dua anaknya,bahkan berlebih.Modal yang dikeluarkan pun tidak begitu banyak, namun keuntungan yang diperoleh lebih dari cukup dari modal yang dikeluarkan.Toko kue seperti ini sangat membantu untuk acara-acara tertentu dan tidak sedikit juga orang-orang yang berminat untuk membangun usaha seperti ini.
Namun, Setiap usaha pasti akan atau pernah mengalami rugi atau kegagalan.Usaha seperti  ini pun tidak lepas dari hal tersebut.Tapi bagi yang ingin mencoba berwirausaha ini , jangan takut akan hal tersebut. Karena kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda.Di zaman yang sulit memperoleh lapangan pekerjaan ,banyak orang yang berfikir untuk memulai berbisnis.Jadi jangan takut untuk berbisnis dan memperoleh keunungan sebanyak-banyaknya.


  


1.3       Rumusan Masalah
       Adapun  rumusan  masalah  yang terdapat  dan  sesuai  dengan  hasil wawancara  yaitu  sebagai  berikut :
a.   Rumusan Masalah
1.    Apa nama usaha atau nama toko Bapak/Ibu ?
2.   Siapakah nama pemilik usaha tersebut ?
3.   Sejak kapan usaha anda di bangun ?
4.   Berapa banyak pegawai yang Bapak/Ibu pekerjakan ?
5.   Berapa banyak uang atau modal yang diperlukan untuk membuat kue ?
6.   Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue tersebut ?
7.   Apa saja alat-alat produksi yang digunakan untuk mendukung pembuatan kue tersebut ?
8.   Bagaimana cara produksi untuk membuat kue ?
9.   Dimana saja Bapak/ibu memasarkan kue hasil produksi usaha tersebut ?
10. Bagaimana usaha Bapak/Ibu ini bertahan sampai saat ini?
11.  Apakah usaha Bapak/Ibu ini mempunyai cabang usaha lain ? kalau ada,dimana ?
12.  Berapakah penghasilan yang Bapak/Ibu dapatkan per bulan ?








1.4              Maksud dan Tujuan
     Maksud dibuatnya makalah ini adalah untuk memotivasi mahasiswa agar lebih menghargai usaha kecil rumahan yang ternyata dapat menguntungkan setiap individu/mahasiswa dan dapat mengambil sedikit ilmu berwirausaha yang baik dan benar. Agar lebih paham bagaimana cara memproduksikan, mempromosikan, dan menentukan harga produk-produk usaha.
Tujuan dari makalah ini yaitu untuk mendapatkan nilai Ujian Akhir Semester (UAS).

















1.5              Metode Penelitian
a.   Observasi
            Metode observasi sering sekali digunakan  untuk menelaah masalah yang ada, yang berarti pengamatan bertujuan untuk mendapatkan  data tentang suatu masalah sehingga  diperoleh pemahaman  terhadap informasi  yang diperoleh  sebelumnya. Penulisan ini juga disertai dengan Metode Observasi dimana sebuah tempat usaha yang akan di amati dari cara memproduksi sampai dengan penghasilan yang di terima oleh si pemilik tempat usaha tersebut.
 Istilah observasi berasal dan bahasa Latin yang berarti ”melihat” dan “memperhatikan”. Istilah observasi diarahkan pada kegiatan memperhatikan secara akurat, mencatat kejadian  yang muncul, dan mempertimbangkan hubungan antar aspek dalam kejadian  tersebut. Observasi menjadi bagian dalam penelitian berbagai disiplin ilmu, baik ilmu eksakta maupun ilmu-ilmu sosial,
Observasi yang berarti pengamatan bertujuan untuk mendapatkan data tentang suatu masalah, sehingga diperoleh pemahaman atau sebagai alat re-checkingin atau pembuktian terhadap informasi / keterangan yang diperoleh sebelumnya.Sebagai metode ilmiah observasi biasa diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan kejadian-kejadian yang diselidiki secara sistematik. Dalam arti yang luas observasi sebenarnya tidak hanya terbatas kepada pengamatan yang dilakukan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pengamatan tidak langsung misalnya melalui questionnaire dan tes.

Observasi bertujuan untuk mendeskripsikan setting yang dipelajari, aktivitas-aktivitas yang berlangsung, orang-orang yang terlibat dalam aktivitas, dan makna kejadian dilihat dan perspektif mereka terlibat dalam kejadian yang diamati tersebut. Deskripsi harus kuat, faktual, dan teliti tanpa harus dipenuhi berbagai hal yang tidak relevan.
Kebaikan dan kekurangan observasi
Kebaikan dari observasi adalah sebagai berikut :
a. Data yang dikumpulkan melalui observasi cenderung mempunyai keandalan yang tinggi. Kadang observasi dilakukan untuk mengecek validitas dari data yang telah diperoleh sebelumnya dari individu-individu.
b. Dapat melihat langsung apa yang sedang dikerjakan, pekerjaan-pekerjaan yang rumit kadang-kadang sulit untuk diterangkan.
c. Dapat menggambarkan lingkungan fisik dari kegiatan-kegiatan, misalnya tata letak fisik peralatan, penerangan, gangguan suara dan lain-lain.
d. Dapat mengukur tingkat suatu pekerjaan, dalam hal waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu unit pekerjaaan tertentu.
Sedangkan kekurangannya adalah sebagai berikut :
a. Umumnya orang yang diamati merasa terganggu atau tidak nyaman, sehingga akan melakukan pekerjaannya dengan tidak semestinya.
b. Pekerjaan yang sedang diamati mungkin tidak mewakili suatu tingkat kesulitan pekerjaan tertentu atau kegiatan-kegiatan khusus yang tidak selalu dilakukan atau volume-volume kegiatan tertentu.
c. Dapat mengganggu proses yang sedang diamati.
d. Orang yang diamati cenderung melakukan pekerjaannya dengan lebih baik dari biasanya dan sering menutup-nutupi kejelekan-kejelekannya.

b.   Wawancara
           Wawancara adalah sebuah aktivitas dialog antara dua pihak atau lebih. Metode wawancara juga bisa digunakan untuk mengetahui suatu masalah. Metode ini ada dua cara, cara pertama adalah wawancara langsung dengan pihak pewawancara dan narasumber. Dalam proses ini, dialog terjadi secara verbal dan langsung. Cara kedua adalah wawancara tertulis. Yang sering digunakan untuk proses pengamatan yaitu cara pertama karena lebih mudah dan langsung mengetahui informasi yang dibutuhkan. Setelah metode observasi, makalah ini juga menggunakan metode wawancara. Informasi yang didapat dari hasil wawancara yaitu nama pemilik usaha, sejarah usaha tersebut , modal dan keuntungan yang didapat.
 Kelebihan dan kekurangan teknik wawancara
Kelebihan :
Ø   Flexibility. Pewawancara dapat secara luwes mengajukan pertanyaan sesuai dengan situasi yang dihadapi pada saat itu. Jika dia menginginkan informasi yang mendalam maka dapat melakukan “probing”. Demikian pula jika ingin memperoleh informasi tambahan, maka dia dapat mengajukan pertanyaan tambahan, bahkan jika suatu pertanyaan dianggap kurang tepat ditanyakan pada saat itu, maka dia dapat menundanya.
Ø   Nonverbal Behavior. Pewawancara dapat mengobservasi perilaku nonverbal, misalnya rasa suka, tidak suka atau perilaku lainnya pada saat pertanyaan diajukan dan dijawab oleh responden.
Ø   Question Order. Pertanyaan dapat diajukan secara berurutan sehingga responden dapat memahami maksud penelitian secara baik, sehingga responden dapat menjawab pertanyaan dengan baik.
Ø   Respondent alone can answer. Jawaban tidak dibuat oleh orang lain tetapi benar oleh responden yang telah ditetapkan.
Ø   Greater complexity of questionnaire. Kuesioner umumnya berisi pertanyaan yang mudah dijawab oleh responden. Melalui wawancara, dapat ditanyakan hal-hal yang rumit dan mendetail.
Ø   Completeness. Pewawancara dapat memperoleh jawaban atas seluruh pertanyaan yang diajukan.
Kelemahan :
Ø   Mengadakan wawancara dengan individu satu persatu memerlukan banyak waktu dan tenaga dan juga mungkin biaya.
Ø   Interview Bias. Walau dilakukan secara tatap muka, namun kesalahan bertanya dan kesalahan dalam menafsirkan jawaban, masih bisa terjadi. Sering atribut (jenis kelamin, etnik, status sosial, jabatan, usia, pakaian, penampilan fisik, dsb) responden dan juga pewawancara mempengaruhi jawaban.
Ø   Keberhasilan wawancara sangat tergantung dari kepandaian pewawancara dalam melakukan hubungan antar manusia (human relation).
Ø   Wawancara tidak selalu tepat pada kondisi-kondisi tempat tertentu, misalnya di lokasi-lokasi ribut dan ramai.
Ø   Sangat tergantung pada kesediaan, kemampuan dan keadaan sementara dari subyek wawancara, yang mungkin menghambat ketelitian hasil wawancara.
Ø   Jangkauan responden relatif kecil dan memakan waktu lebih lama dari pada angket dan biaya yang relatif yang lebih mahal.

c.   Studi Pustaka
Yang dimaksud studi pustaka yaitu usaha penelitian  yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan. Informasi tersebut didapat dari buku-buku ilmiah, laporan penelitian, ensiklopedia dan sumber-sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik lain. Metode ini membantu penulis mendapatkan informasi tentang pengertian Wirausaha menurut tokoh-tokoh di bidang kewirausahaan.








BAB II
LANDASAN TEORI

1.           WIRAUSAHA  DAN  WIRASWASTA
2.1      Pengertian
Wirausaha
Wirausaha berasal dari kata Entrepreneur (Bahasa Perancis) yang kemudian diterjemahkan kedalam bahasa inggris dengan arti between taker atau go-between (perantara).Secara harfiah wira =  berani, sedangkan usaha = daya upaya.
“Kewirausahaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan keberanian seseorang dalam menjalankan kegiatan bisnisnya,”
Wirausaha menurut Thommas W Zimmerer yaitu penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
Wiraswata menurut  Wasty Soemanto, 1984 adalah keberanian, keperkasaan dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan permasalahn hidup dengan kekuatan yang ada pada dirinya.
#Wirausaha menurut Ahli.
@ Wirausaha menurut ahli ekonomi adalah seorang atau sekelompok orang yang mengorganisir faktor-faktor produksi alam, tenaga, modal, dan skill untuk tujuan berproduksi.
@ Menurut ahli psycologis wirausaha adalah seorang yang memiliki dorongan kekuatan dari dalam untuk memperoleh suatu tujuan, suka mengadakan atau untuk menampilkan kebebasan dirinya diluar kekuasaan orang lain.
@ Menurut Bussinessman wirausaha merupakan : ancaman, pesaing baru, bisa juga partner, pemasok, konsumen, atau orang yang diajak kerja sama.
@ Menurut pemodal wirausaha adalah seorang yang menciptakan kesejahteraan tetapi orang lain yang menemukan cara baru adalah menggunakan sumber daya, mengurangi, pemborosan, dan menciptakan lapangan kerja.
Wiraswasta
           Menurut Literatur istilah wiraswasta = wirausaha. Pelopor wiraswasta adalah DR.Suparman Suhamamijaya menekankan peluang kelompok kreaktif entrepreneur indonesia untuk mengangkat bangsa dari kemiskinan.
           Istilah wiraswastawan dihubungkan dengan istilah saudagar,berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki pengertian Wiraswasta terdiri dari kata wira, swa, dan sta.
Wira = manusia unggul, teladan, berbudi luhur.
Swa = Sendiri, dan
Sta = Berdiri/saudagar.
“Wiraswasta adalah keberanian, keutamaan serta keperkasaan dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan masalah hidup dengan kekuatam yang ada pada diri sendiri.”
            Wiraswasta menurut Rohadi Wicaksono ialah keberanian, keutamaan, atau keperkasaan dalam berusaha dengan bersandar pada kekuatan diri sendiri.
           Wiraswata menurut  Wasty Soemanto, 1984 adalah keberanian, keperkasaan dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan permasalahn hidup dengan kekuatan yang ada pada dirinya.
2.2     Faktor  Penting Wirausaha
Faktor  penting kewirausahaan di tentukan oleh Motif berprestasi (achievement), Optimisme (optimism), Sikap-sikap nilai (value attitudes), Status kewirausahaan (entrepreneurial status) menurut David C. McCelland.
Faktor Penting Wirausah Terdiri dari faktor keberhasilan & faktor kegagalan,
Keberhasilan wirausaha ditentukan oleh :
Ø Kemampuan dan kemauan, orang yang tidak memiliki kemampuan tetapi banyak kemauan dan orang yang yang memiliki kemauan dan tidak memiliki kemampuan, keduanya tidak akan menjadi wirausaha yang sukses.
Ø Tekad yang kuat dan kerja keras. Orang yang tidak memiliki yang tekad  kuat tetapi mau bekerja kerja keras dan orang yang suka bekerja keras tetapi tidak memiliki tekad yang kuat, keduanya tidak akan menjadi wirausaha yang sukses.
Ø Mengenal peluang yang ada dan berusaha meraihnya ketika ada kesempatan.
Kegagalan  berwirausaha menurut  Zimmerer yaitu :
Ø Tidak kompeten dalam hal manajerial
Ø Kurang berpengalaman, baik dalam kemampuan teknik
Ø Kurang dapat mengendalikan keuangan
Ø Gagal dalam perencanaan
Ø Lokasi kurang memadai
Ø Kurangnya pengawasan
Ø Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha

2.3     Faktor Pemicu Wirausaha
Perilaku kewirausahaan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor-faktor internal meliputi hak kepemilikan, kemampuan dan itensif. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan. Jadi kemampuan berwirausaha merupakan fungsi dari perilaku kewirausahaan dalam mengkombinasi kreativitas, inovasi, kerja keras, dan keberanian menghadapi resiko untuk memproleh peluang.
2.4     Karakteristik wirausahaan
Menurut Bygrave karakteristik wirausahaan meliputi :
     Dream
     Decisisveness
     Doers
     Determination
     Dedication
     Devosion
     Details
     Destiny
     Dollars
     Distribute
Menurut  Goffrey G. Meredith (1996) mengemukakan beberapa karakteristik kewirausahaan yaitu :
     Percaya diri
     Berorientasikan tugas dan hasil
     Pengambil resiko
     Kepemimpinan
     Keorsinilan
     Berorientasi ke masa depan
     Jujur dan tekun


Karakteristik wirausaha sukses dari Zimmerer :
     Kreaktif & fleksibel
     Mencapai hasil dengan pengetahuan & pengalaman
     Energik tinggi
     Motivasi untuk lebih unggul
     Berorientasi ke depan
     Mau belajar dari kegagalan
     Kemampuan memimpin

2.   Konsep Pemasaran

2.5                Produk
Toko Aneka kue mempunyai beberapa macam hasil produksi seperti kue-kue ulang tahun,kue pengantin,snack-snack basah seperti kue sus, risoles, dadar gulung lemper, kue lumpur, pastel, lontong isi, semar mendem, putu ayu, dan masih banyak lagi tergantung pesanan pelanggan.
2.6                Harga
Harga yang ditawar kan pun bermacam-macam.Namun harga yang diberikan oleh Toko Aneka Kue masih terjangkau. Misalnya kue ulang tahun ada yang berharga Rp. 65.000,- sampai Rp. 300.000,-.Kue pengantin mulai dari Rp. 165.000,- sampai 500.000,-.Sedangkan snack-snack basah tersebut harganya mulai dari Rp. 800,- sampai Rp. 1000,-.
2.7     Tempat
Untuk saat ini Toko Aneka Kue belum mempunyai cabang,jadi Toko Aneka Kue hanya dapat ditemui Perum. Cikande Permai Blok C2/24.
2.8      Promosi
Pemilik Toko Anenka Kue mempromosikan produknya dengan cara menunjukan sampel ketetangga sekitar, dan dari orang ke orang.



BAB  III
PEMBAHASAN

3.1    Identitas Perusahaan
Nama perusahaan              : Aneka Kue
Tanggal berdiri                  : 2006 s/d sekarang
Jenis Barang                     : =>Macam-macam kue ulang tahun
                                          =>Macam-macam kue pengantin
                                          =>Macam-macam kue basah
Status Hukum                   : Milik sendiri
Alamat                              : Perum. Cikande Permai Blok C2/24


3.2    Identitas Pemilik
Nama Pemilik                     : Sudiati
Tempat,tanggal,lahir          : Pemalang, 23 Agustus 1973
Pendidikan                         : SLTA(Sekolah Menengah Atas)
Telephone                         : 081510462734
Alamat                              : Perum. Cikande Permai Blok C2/24
Pengalaman sebelum
 menjadi pengusaha            :Tidak ada


3.3    Identitas yang Membantu
Nama                                : Putri Vivian Pratiwi
Tempat,tanggal, lahir         : 14 Agustus 1995
Pendidikan                         : SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)
Alamat                              : Perum. Cikande Permai Blok C2/24




3.4    Tinjauan Umum Perusahaan
a).   Sejarah
        Sebelumnya Toko Aneka Kue beridi disebuah counter pinggir jalan pertigaan cikande pada tahun 2006.Setelah beberapa bulan berdiri dan sudah mempunyai beberapa pelanggan setia Toko Aneka Kue ini berpindah tempat menjadi usaha rumahan dirumah pemilik. Modal awal yang dikeluarkan untuk usaha ini untuk membeli bahan, peralatan, dan perlengkapan lainnya sekitar Rp. 15.000.000,-.
Pertama kali pindah tempat menjadi usaha rumahan pimilik mempromosikan produknya dengan cara memberikan sampel kue ketetangga-tetangga sekitar.Dan mulai dari situlah usaha kue rumahan ini banyak yang tahu.Mulai dari memberikan sampel kepada tetangga terdekatnya usaha rumahan ini mulai di kenal dari orang ke orang sampai kini usaha rumahan ini di kenal di luar komplek yang pemilik tempati sekarang.
Kerugian mendirikan usaha seperti ini hanyalah karena gangguan tekhnis seperti mati lampu otomatis Ibu Sudiati tidak bisa menerima pesanan karena tidak dapat memakai peralatan yang menggunakan listrik,dan mungkin akan gosong jika terlalu lama dipanggang karena lupa atau ketiduran.
        Ibu Sudiati dalam satu hari dapat menyelesaikan 3-10 pesanan kue tar.Jika terlalu banyak yang memesan kue tar,bu Sudiati tidak menerima pesanan snack basah.Bu Sudiati dalam proses membuat kue ini terkadang dibantu oleh salah satu anaknya.






b).   Struktur Organisasi & Fungsi
Pemilik Toko Aneka Kue ini tidak mempekerjakan orang untuk membantu usahanya.Semua yang memegang kendali dari mempromosikan, membuat/memproses produk, membeli peralatan dan perlengkapan, membeli bahan baku sampai menentukan harga adalah Ibu Sudiati tidak lain sebagai pemilik usaha ini.Namun bu Sudiati ini dibantu oleh anak pertamanya yang bernama Putri Vivian Pratiwi.

c).   Produk Barang
Toko Aneka Kue ini memberikan bermacam-macam aneka kue.dari yang kecil hingga besar tergantung keinginan pemesan.Produk barang yang dihasilkan oleh Toko Aneka Kue yaitu :
·        Kue ulang tahun
·        Kue pengantin
·        Snack-snack basah ,Seperti :
-      Kue Sus
-      Dadar gulung
-      Kue lumpur
-      Putu ayu
-      Semar mendem
-      Lontong isi
-      Lemper
-      Risoles
-      Pastel,dll.tergantung pesanan.





d).   Proses Produksi
Cara membuatnya
Bahan :
-      Terigu
-      Mentega
-      Telor
-      Vanili
-      Pewarna kue
-      Gula
-      Pengembang kue
-      Cream
Cara membuat :
-      Telor, gula, dan vanili dicokok sampai putih.
-      Setelah mengembang masukan terigu aduk rata.
-      Dan disusul mentega.
-      Siapkan panggangan dan loyang yang sudah diolesi mentega dan terigu.
-      Masukan adonan kedalam loyang,lalu panggang.
-      Jika adonan sudah tidak lengket atau sudah berwarna ke kuning-kuningan,angkat dan siap untuk dihias sesuai pesanan.
-      Bungkus,dan siap dijual.








e).   Harga
Nama Produk
Harga
Kue ulang tahun
Rp. 65.000,- s/d Rp. 300.000,-
Kue pengantin
Rp. 165.000,- s/d Rp. 500.000,-
Snack basah :

Kue sus
Rp. 800,-
Risoles
Rp. 800,-
Dadar gulung
Rp. 700,-
Lemper
Rp. 800,-
Kue lumpur
Rp. 900,-
Pastel
Rp. 700,-
Lontong isi ayam
Rp. 1000,-  /biasa tdk pake ayam Rp. 700,-
Semar mendem
Rp. 600,-
Putu ayu
Rp. 800,-

f).   Sumber daya (Peralatan & Perlengkapan)
Peralatan :
-      Mixer
-      Oven
-      Kompor Gas
-      Baskom
-      Loyang
-      Pisau kue
-      Kuas
-      Dll.
Perlengkapan :
-      Dus
-      Plastik
-      Lilin
-      Piring kue
-      Pisau plastik kue
g).   Konsumen yang dituju
Konsumen yang dituju oleh bu Sudiati adalah tetangga-tetangganya atau orang-orang yang ingin mengadakan acara atau pesta.Namun kebanyakan orang-orang itu yang mendatangi kerumahnya.

3.5    Keuangan
Toko Aneka Kue milik bu Sudiati ini memperoleh keuntungan yang tidak menentu tergantung pesanan. Terkadang bu Sudiati dapat menyelesaikan pesanan 3-10 kue tart/hari.Jika pesanan kue banyak tidak menerima snack basah,tapi kalau pesanan kue tidak banyak bu Sudiati dapat menerima pesanan snack basah sampai 100 bungkus/hari. Namun biasanya memperoleh keuntungan 25%,Rp. ± 5000.000,-/bulan dari modal yang dikeluarkan.


3.6    Analisa SWOT
S=(Kekuatan),Kue – kue yang di hasilkan oleh Toko Aneka kue enak rasanya,pemiliknya ramah,proses pembuatannya bersih.
W=(Kelemahan),Belum mempunyai cabang.
O=(Peluang/Kesempatan),Mungkin Toko Aneka Kue akan lebih maju jika sudah mempunyai beberapa cabang ditempat-tempat yang ramai untuk memperbanyak konsumen.
T=(Ancaman/Pesaing),Toko Aneka Kue juga banyak ancaman/pesaing karna banyak usaha yang serupa didaerahnya.



BAB  IV
PENUTUP

4.1     KESIMPULAN
Berdasarkan dari pembahasan diatas, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Perencanaan usaha atau business plan adalah suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.
Tujuan perencanaan usaha ini adalah untuk:
a. Mengantisipasi ketidakpastian dan perubahan yang mungkin terjadi masa yang akan datang agar semua perhatian dan aktifitas terpusat pada usaha. Memastikan bahwa proses pencapaian tujuan berlangsung ekonomis. Memudahkan pengawasan. Sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan. Proposal bisnis berisikan deskripsi dari proyek yang akan dilakukan, pemasarannya, penelitian dan pengembangan, masalah pabrik, manajemen, resiko yang akan dihadapi, masalah finansial, sampai masalah perjadwalan waktu.
Jenis usaha yang didirikan ini menyediakan beraneka ragam macam kue tergantung pesanan pelanggan. Dari kue yang ukuran kecil hingga yang besar. Harga yang disediakan pun bervariasi, namun masih bisa dijangkau oleh masyarakat.
Dengan beberapa bauran promosi dan meneliti kelemahan dan kelebihan pesaing akan bisa mencari cela dimana usaha ini akan menggaet para pelanggan, jaringan yang luas serta didukung dengan pelayanan yang maksimal, maka dipastikan usaha ini layak dan akan jelas kelangsungan hidup usahanya. Keuntungan yang tidak mengecewakan bagi usaha seperti ini akan memberi jaminan bagi kelangsungan usaha dan tenaga kerja.
4.2    SARAN

Adapun saran yang ingin disampaikan oleh penulis adalah agar setelah membaca makalah ini, sebaiknya dapat diaplikasikan sebagai peluang untuk merencanakan usaha.





















DAFTAR PUSTAKA

ð Ramly, Dr., Mpd., dkk. 2007. Kewirausahaan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. UNHALU.

ð http://www.geocities.com/agus_lecturer/kewirausahaan/perencanaan_usaha_business_plan.htm

ð http://aindra.blogspot.com/2007/11/seksualitas-serat-centhini.html

ð http://arsipbisnis.wordpress.com/2008/09/08/perencanaan-keuangan-bagi-usaha-kecil-menengah-ukm/
ð http://www.articlesnatch.com/id/Article/How-to-write-an-effective-business-letter-that-get-good-results/497222

ð http://www.google.com









Tidak ada komentar: