Senin, 17 Oktober 2011

membuat KTA ( Karya Tulis Akhir ) tentang Housekeeping Departement

MENYIAPKAN KAMAR TAMU
DI HOTEL BOROBUDUR JAKARTA
KARYA TULIS AKHIR

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti
Ujian Nasional Tahun Diklat 2009/2010

Di susun Oleh :
                                  Nama Lengkap                     : Dina Safitri
                                  Nomor Induk                        : 1072492
                                  Bidang Keahlian                   : Pariwisata
                                  Program Keahlian                 : Akomodasi Perhotelan




logo cmiep


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
(SMK) GEMA GAWITA
KOTA TANGERANG
2010



MOTTO

·         Selalu Optimis walau hasilnya tidak sesuai yang di inginkan
·         Bersabar, berusaha, dan berdoa dalam melakukan usaha
·         Selalu mencoba hal-hal yang tidak bisa agar menjadi bisa
·         Tidak akan menyerah sebelum apa yang di inginkan tercapai atau terwujud
·         Berusaha menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya
·         Kehidupan ini bertujuan untuk memotifasi pembaca untuk berbuat lebih baik lagi
·         Di tengah kesukaran terletak kesempatan
·         Sesali masa lalu karena ada kekecewaan dan kesalahan lagi-kesalahan, tetapi
jadikan penyesalan itu sebagai senjata untuk masa depan agar tidak terjadi
kesalahan lagi
·         Sabar di dalam mengatasi kesulitan dan bertindak bijaksana dalam mengatasinya adalah sesuatu yang utama
·         Selalu bertawaqal atau dekat kepada Allah agar hatinya selalu tenang dan damai.



KARYA TULIS AKHIR

Telah disetujui untuk di ajukan dalam Presentasi Karya Tulis Akhir Kompetensi Ujian Nnasional Tahun Diklat 2009/2010

                  Pemimbing Materi                                                    Pembimbing Teknik



             Ratna Purnawati, A.Md.                                                  Mulyoto, S.KOMP

Mengetahui :
Orangtua/ Wali Siswa


Wahyudi P.



KARYA TULIS AKHIR

Telah diajukan dalam presentasi Karya Tulis Akhir Kompetensi Ujian
 Nasional Tahun Diklat 2009/2010 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Gema Gawita Kota Tangerang:

             Pembimbing Materi                                          Pembimbing Teknik



             …………………….                                      ……………………….


Mengetahui :
Kepala Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) Gema Gawita Tangerang



H. Bambang Gandhi Sutopo, SH,MM.Pd


KATA  PENGANTAR


            Puji  syukur  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  karena  atas  Berkat  rahmatdan  karunia-Nya lah  yang  telah  diberikan  kepada  penulis,  sehingga  laporan  ini bisa  penulis  selesaikan  dengan  baik.  Sehingga   Laporan  ini  dapat  berguna bagi  semua  pihak  yang  membutuhkan.
            Adapun  Tujuan  laporan  ini  adalah  mendapatkan  sertifikat  di  dalam penyusunan  laporan  ini  penulis  ingin  mengucapkan  terima  kasih  kepada  :
1.      Kepada  Bapak  Bambang  Gandi  Sutopo,  MM.Pd,  Selaku  Kepala sekolah
2.      Kepada  Ibu Ratna Purnawati, A.Md , Selaku guru   pembimbing materi sekolah   SMK  Gema  Gawita  yang  telah  memberikan  dukungan dalam  melaksanakan training.
3.      Kepada Bapak Mulyoto, SKOM, Selaku guru pembimbing teknik.
4.      Kepada Kedua Qrang Tua penulis yang telah memberikan dukungan   kepada penulis untuk menyelesaikan laporan ini.
5.      Kepada  Ibu  Selaku  Assistant  Manager  House  keeper.
6.      Kepada  Bapak  Alexander  Mere  Selaku  Human Resources  Director.
7.      Kepada  Bapak  Agus  Sugiarto  Selaku  Training  Manager.
8.      Kepada  Semua  Staff  House  keeping  yang  telah  membantu Penulis  memberikan  bimbingan-bimbingan  dan  masukan-masukan  kepada  penulis  selama  ini.
9.      Rekan-rekan  yang  telah  membantu,  yang tidak  dapat  disebutkan  satu-persatu.
            Dalam  penyusunan  Laporan  ini  penulis  menyadari  bahwa masih  ada kekurangan  dalam  sumber  data  dan  tata  bahasanya. Untuk  itu,  penulis mengharapkan  saran  dan  kritik  yang  bersifat  membangun  agar  laporan   ini menjadi  lebih  sempurna  yang  kemudian  pedoman  di  masa  yang  akan datang.



Tangerang,  Maret  2010


Penulis








DAFTAR  ISI

                                                                                                  Halaman

MOTTO
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR ...............................................................................  i
DAFTAR ISI ...............................................................................................  iii
BAB I       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ......................................................................................  1
B.     Tujuan Penulisan ...................................................................................  2
C.    Ruang Lingkup Penulisan .....................................................................  3
D.    Teknik Pengumpulan Data ....................................................................  3
E.     Sistematika Penulisan ............................................................................  4

BAB II     TINJAUAN UMUM HOTEL BOROBUDUR JAKARTA
A.    Sejarah Perkembangan .........................................................................  6
B.     Struktur Organisasi ..............................................................................  7
C.    Pembagian Departement ...................................................................... 10
D.    Fasilitas Yang Tersedia ........................................................................ 12


BAB III  MENYIAPKAN KAMAR TAMU DI HOTEL BOROBUDUR JAKARTA
A.  Pengorganosasian Room Attendent ..................................................... 22
B. Peralatan dan Perlengkapan Kerja ....................................................... 29
C. Prosedur Menyiapkan Kamar Tamu ...................................................... 30
D. Hubungan Kerjasama Room Attendent dengan department lain.......... 41

BAB IV PENUTUP
A.Kesimpulan ............................................................................................ 53
B.Saran-saran ............................................................................................. 54

BIOGRAFI PENULIS
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN








BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
             Perkembangan  kepariwisataan  di  Indonesia  sudah  semakin  maju, seiring  laju  perkembangan  teknologi,  untuk  itu  kita  harus  membenahi  diri  guna menghadapi  tantangan  kepariwisataan   dengan  negara  lain.  Kemajuan kepariwisataan  jika  tidak  ditunjang  dengan  sarana  akomodasi  yang  baik  tidak  akan berjalan  dengan  lancar,  sehingga  tidak  mengherankan  apabila  sekarang  banyak berdiri  hotel  bertaraf  internasional  maupun  non  internasional.
            Hotel  merupakan  sarana  yang  penting  dalam  dunia  pariwisata,  karena
 Hotel  adalah  badan  usaha  yang  bergerak  di  bidang  jasa  dikelola  secara  komersil dimana  para  tamu  mendapatkannya  pelayanan  penginapan  makananan  beserta minuman  dan  fasilitas  lainnya.  (Ferry,  Prinsip-prinsip  Tata  Graha.  PT.  Gramedia Pustaka  Utama,  Jakarta.  2001).  Oleh  karena  itu  akomodasi  tidak  dapat  di pisahkan  dengan  industri  pariwusata.  Dimana  perkembangan  usaha  dibidang industri  pariwisata  sangat  berpengaruh  oleh  tersedianya  usahaakomodasi  maka kepariwisataan  tidak  akan  berjalan  lancar.  Jadi  akomodasi  merupakan komponen industri  pariwisata.
1
 
 

            Pada  penyusunannya  Karya  Tulis  ini,  penulis  memilih  judul  “ Menyiapkan Kamar Tamu di  Hotel  Borobudur  Jakarta”  adapun alasan memeilih  judul  ialah :
1.      Sesuai  dengan  Praktek  Kerja  Lapangan  yang  penulis  lakukan  di HotelBorobudur Jakarta  selama  tiga  bulan  dibagian Housekeeping Departement.
2.      Pentingnya  peranan  Housekeeping  Departement  dalam  suatu Hotel.  Karena  Housekeeping  adalah  suatu  departement yang ada  di  Hotel  yang  bertugas  dan  bertanggung  jawab  atas kebersihan,  kerapihan  dan  kenyamanan  seluruh  area  Hotel (Ferry,  prinip-prinsip  Tata  Graha.  PT.  Gramedia  Pusktaka Utama,  Jakarta.  2001).
3.      Karena  pelayanan  kamar  berperan  penting  dalam  menunjang keberhasilan  suatu  hotel.
4.      Untuk  menjelaskan  kepada  pembaca  bagaimana  cara membersihkan  dan  menyiapkan  kamar  tamu.

B.     Tujuan  Penulisan
1.      Tujuan  penulisan  Karya  Tulis  Akhir  ini  adalah  :
a.  Mengembangkan  secara  umum  mengenai  keadaan  Hotel  Borobudur
Jakarta
b.  Menguraikan  prosedur  serta  tata  cara  Housekkeping  Departement
dalam  membersihkan  dan  menyiapkan  kamar  tamu  dalam  rangka 
meningkatkan  pelayanan  kamar  Hotel  Borobudur  Jakarta

C.    Ruang  Lingkup  Penulisan
       Ruang  lingkup  penulisan  pada  Karya  Tulis  Akhir  ini  adalah  mencakup  segala  sesuatu  tentang  hubungan  Housekeeping  Departement  mempunyai  pernan  yang  sangat  dalam  opersional  Hotel,  khususnya  dalam  pembersihan  dan  penyiapan  kamar  tamu  di  Hotel  Borobudur  Jakarta. 
Adapun  ruang  lingkup  Karya  Tulis  Akhir  ini  meliputi  :
a.       Pengorganisasian  pekerjaan
b.      Peralatan  dan  perlengkapan  kerja
c.       Prosedur  membersihkan  dan  menyiapkan  kamar  tamu

D. Tehnik Pengumpulan Data
      Dalam hal penyusunan Karya Tulis Akhir yang di dalam memuat banyak hal mengenai pengalaman penulis selama melaksanakan praktek kerja lapangan. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis mencoba mencari, mengumpulkan, dan menghimpun data-data yang penulis peroleh dengan tehnik pengumpulan data sebagai berikut :
1. Pengalaman Langsung (Observasi)
Penulis mengadakan pengamatan langsung melalui program praktek kerja lapangan Hotel Borobudur Jakarta, sehingga penulis dapat mengaplikasikan pengamatan penulis berdasarkan pengalaman ke dalam data secara langsung dan akurat.
2. Wawancara (Interview)
Dalam penyusunan Karya Tulis Akhir ini, penulis mengadakan interaktif dan Tanya jawab kepada pihak yang bersangkutan mendapatkan data yang sama diperlukan.
3. Study Pustaka (Study Literatur)
Dalam hal ini, penulis mencari data-data yang di perlukan dengan cara mempelajari dan menganalisa dari beberapa buku atau literature yang berhubungan dengan hal-hal yang berkaitan, sehingga data-data tersebut dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya.

E. Sistematika  Penulisan
       Penyusunan  Karya  Tulis  Akhir  ini  terdiri  dari  beberapa  bab  dan  penulis  menata  sebaik  mungkin  agar  sistematika  penulisan  ini  dapat  di  simak,  di  baca  dan  dipahami  dengan  mudah.  Pejabaran  materi  Karya  Tulis  Akhir  ini  antara  lain :

BAB I       PENDAHULUAN
Dalam  bab  ini  penulis  akan  menguraikan  latar  belakang , Tujuan Penulis, Ruang Lingkup Penulisan, Tehnik Pengumpulan Data, Sitematika Penulisan.
BAB II      GAMBARAN  UMUM  HOTEL  BOROBUDUR  JAKARTA
                        Dalam  bab ini  penulis  akan  menguraikan  tentang  sejarah  Perkembangan, struktur  organisasi, Pembagian Departement   dan  fasilitas  yang  tersedia.
BAB III    MENYIAPKAN KAMAR TAMU DI HOTEL BOROBUDUR JAKARTA
Dalam  bab  ini  penulis  akan  menguraikan  tentang  pengorganisasian  Room attendent,  peralatan  dan  perlengkapan  kerja,   prosedur menyiapkan  kamar   tamu,  hubungan kerjasama Room attendent.
BAB IV    PENUTUP
Dalam  bab  ini  penulis  akan  memberikan  kesimpulan  dari  penjabaran/  penguraian  materi  yang  di  tulis  dan  saran-saran  dari  beberapa  masalah  yang  telah  dibahas.
                        





BAB II
GAMBARAN  UMUM
HOTEL  BOROBUDUR  JAKARTA

A.    Sejarah  Perkembangan
      Berdiri   di  dekat  istana  kepresidenan  dan  dikenal  sebagai  salah  satu  hotel  terbaik  di  Indonesia,  Hotel  Borobudur  Jakarta  di  kelilingi  tanah  terluas  9,3  ha  di  pusat  Ibu  Kota.  Dengan  nama  yang  diambil  dari  sebuah  Candi  Budha  abad  ke-9  terkemuka  di  Jawa  Tengah  yang  replikanya  dengan  megah  diletakkan  di  tengah  taman  agar  dapat  dilihat  oleh  semua pengunjung,  Hotel  Borobudur  Jakarta   merupakan  pelopor  dalam  bidangnya.  Diawali  dengan  konsep  yang  di  cetuskan  oleh  mantan  Presiden  RI,  Alm.  Presiden  Soekarno,  sebagai  sebuah  hotel  termewah  di  belahan  selatan  bumi,  peresmian  peletakkan  batu  pertama  hotel  yang  direncanakan  memiliki  6  lantai  dan  220  kamar  dilakukan  oleh  Alm.  Presiden  Soekarno  pada  tahun  1963.  Pembangunannya  hotel  ini  sempat  terhenti  pada  tahun1965  dan  dilanjutkan  kembali  dengan  penambahan  kamar  dari  220  kamar  menjadi  700  kamar   serta  penambahan  12  lantai.   Saat  Indonesia  membuka  pintunya  bagi  penanaman  modal  yang  tertarik 


6
 
 

pada  perkembangan  sector  perminyakan  dan  ekonomi  Indonesia  di  awal  tahun  1970-an,  Pemerintah  Indonesia,  Inter-Continental  Hotels  Corporation  dari  Perancis bersatu  untuk  menciptakan  sebuah  hotel  yang  lain  dari  konsep  awalnya.  Perubahan  rancangan,  konsep  dan  pembangunannya  rampung  pada  bulan  Maret  1974  saat  hotel  ini  diresmikan  oleh  Presiden  Soeharto  pada  tanggal 23 Maret  1974  dan  menjadi  tuan  rumah  konferensi  tahunan  PATA  (Pacific  Asia  Travel  Association).  Dengan  penambahan  sisi  Garden  Wing,  Hotel  Borobudur  Jakarta  menjadi  hotel  terbesar  di  Indonesia  dengan  jumlah  kamar  860. Diantara  penghargaan  yang  pernah  di  terima  Hotel  Borobudur  Jakarta  adalah  dua  kali  sebagai  Hotel  Berbintang-5  Berlian,  yaitu  klasifikasi  tertinggi  bagi  industry  perhotelan.  Sebelum  itu,  pda  tahun  1986,  hotel  ini  juga  menerima  Golden  Palm  Award   -   penghargaan  tertinggi  industry  Pariwisata  Indonesia  untuk  pelayanan  terbaik  dan  konstribusi  terhadap  perkembangan  pariwisata  Indonesia. 
      Sejak  peresmian  pada  tanggal  23  Maret  1974,  Hotel  Borobudur  Jakarta  telah  berhasil  menempatkan  dirinya  sebagai  pimpinan  industry  pesangrahan  di  Jakarta.  Guna  meningkatkan  sarana   dan  jasa  yang  diberikannya,  maka  pada  akhir  tahun  1993  dibuat  rencana  untuk mengadakan  peningkatan  yang  diperlukan.  Rencana  tersebut  baru  terlaksana  pada  tanggal  16 Oktober  1995  bertetapan  dengan  di tutupnya  Gedung  Utama  hotel  sebagai  tanda  berakhirnya  ”Babak I”  perjalanan  hotel  ini. Keputusan  untuk  menutup  Gedung 

Utama  diambil  guna  mempercepat  proses  peremajaan  hotel  ini  yang  mencakup  pemasangan  berbagai  system  baru,  dan   Hotel  Borobudur  Jakarta  melanjutkan  perjalanan  bersejarahnya  dengan  gaya,  keanggunan  dan  kenyamanan  yang  menggambarkan    Potret  Sebuah  Legenda “.  Sementara sarana  baru  dan  pelayanan  yang  telah  ditingkatkan  melengkapi  hotel  di  bawah  kepemilikan  PT.  Jakarta  Internasional  Hotels  and  Development  dengan  815  kamar  ini,  kehangatan  dan  keramahan  khas  Hotel  Borobudur  Jakarta  tetap menjadi  bagian  dari  resor  di  pusat  Jakarta.  Selama  25  tahun  Hotel  Borobudur  Jakarta  telah   di  kelola  oleh  Inter-Continental  Hotels  &  resort  telah  berakhir  31  Desember  1998  yang  lalu.  Discovery  Hotel  &  resort  telah  memulai  pengelolaan  mereka  1  Januari  1999  dengan  kontrak  pengelolaan  secara  resmi  ditandatangani   pada tanggal  26 Januari  1999  yang  lalu.  Dalam  memasuki  milenium  baru,  kami  ingin  mencari  peluang  alternatif  untuk  mengelola  property  hotel  kami.  Setelah  25  tahun  bersama  grup manajemen  internasional  yang  besar,  kini  pilihan  kami  prioritaskan  kepada perusahaan  manajemen  yang  dapat  bekerja  secara  fleksibel;  dan  kreatif,  memahami  situasi dan  kondisi,  serta  mengutamakan  kepentingan  perusahaan  dan  pembangunan  nasional.

B.     Struktur  Organisasi
            Dalam  suatu perusahaan hotel, tentunya kita harus mengetahui batas-batas pekerjaan kita, kedudukan kita, dan juga wewenang kita. Oleh karena itu, suatu struktur organisasi hotel sangat di butuhkan. Di Hotel Borobudur Jakarta, struktur hotel ini di bagi menjadi beberapa bagian. Pada bagian pertama, di kenal dengan nama Golongan Executive Communities. Yang menduduki golongan Executive Communities  ini adalah :
1.      General Manager
Merupakan bagian tertinggi dari Borobudur Hotel dan bertanggung jawab atas operasional hotel dan club.
2.      Country Club Manager
Merupakan pimpinan dari Country Club di Borobudur Hotel dan bertanggung jawab atas operasional club.
3.      Hotel Manager (Kepala Hotel)
Merupakan pimpinan dari Borobudur Hotel dan bertanggung jawab atas operasional hotel.
4.      Front Office Manager (Kepala Kantor Depan)
Merupakan pimpinan dari bagian kantor depan yang menangani penerimaan tamu dan melaksanakan penjualan kamar di hotel.
5.      Financial Controller (Kepala Hotel)
Adalah bagian yang bertugas mengatur dan mengawadsi pekerjaan bagian akunting baik operasionalnya maupun pada bagian office.
6.      Assistant Financial Controller (Assistant Kepala Keuangan Hotel)
Adalah bagian langsung dari Financial Controller dan bertugas untuk membantu segala pekerjaan Financial Controller.

7.      Food and Beverage Services Manager (Kepala Pelayanan Makan dan Minum)
Merupakan pimpinan yang bertugas mengawasinya dan mengatur kegiatan pengolahan makanan di dapur hotel.
8.      Executive Chef (Kepala Dapur)
Merupakan pimpinan yang bertugas mengawasi dan mengatur kegiatan pengolahan makanan di dapur hotel.
9.      Executive Housekeeper (Kepala Tata Graha)
Merupakan pimpinan yang bertanggung jawab dalam operasional kebersihan      lingkungan hotel.
10.  Purchasing Manager (Kepala Pembelian Barang)
Adalah bagian yang menangani pembelian bahan-bahan untuk operasional dari Borobudur Hotel
11.  Human Resource Departement Manager (Personalia)
Bagian ini bertugas mengurus segala sesuatu tentang pegawai. Baik merekrut pegawai (recruiting) ataupun mengurus hak dan kewajiban para pegawai.
12.  Chief Engineering (Kepala Tehnisi)
Bagian yang bertugas dalam hal merawat, mengoperasikan, dan memperbaiki perlatan dalam hotel.
            Selain golongan Executive Communities, kedudukan berikutnya diduduki oleh para karyawan. Atau dengan kata lain, seperti :
b.      Supervisor
c.       Captain
d.      Waiter/ss
e.       Bartender
f.       Dan karyawan lainnya

C.  Pembagian Departement
1.      Housekeeping Departement (Departemen Tata Graha)
Bagian hotel yang bertanggung jawab menjaga kebersihan kamar-kamar tamu dan seluruh area hotel baik di dalam maupun di luar hotrl, serta menyediakan layanan laundry tamu dan linen. Terdiri dari beberapa section :
a.       Room Section
b.      Public Area
c.       Linen Section
d.      Gardener section
e.       Florist Section
f.       Laundry Section
2.      Front Office Departement (Departemen Kantor Depan)
 Bagian hotel yang bertanggung jawab melaksanakan semua urusan pendaftaran dan penempatan kamar-kamar untuk tamu, pemesanan kamar, pembayaran rekening dan sebagai sumber informasi para tamu. Terdiri dari beberapa section, yaitu :
a.       Receptionist
b.      Concierge
c.       Bell Boy
d.      Telephone Operator
e.       Door Man
f.       Parking Vallet                  
3.      Accounting Departement (Departement Keuangan Hotel)
Bagian hotel yang bertanggung jawab mengatur pemasukkan dan pengeluaran keuangan operasional hotel. Selain itu, membuat pembukuan keuangan, menangani gaji karyawan, biaya pengadaan barang, dan hal-hal yang berhubungan dengan keuangan hotel. Terdiri dari beberapa section, yaitu :
a. Purchasing
4.      Food and Beverage Departement (Departement Makanan dan Minuman
Bagian hotel yang bertanggung jawab menangani penyediaan makanan dan minuman di Restaurant, Bar, dan Room Service, dan Food and Beverage di bagi menjadi dua bagian yaitu : Food and Beverage Servis dan Product.
5.      Human Resources Departement (Departement Sumber Daya Manusia)
Bagian hotel yang bertanggung jawab menangani masalah perkembangan dan pelatihan karyawan hotel untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan.
6.      Marketing dan Sales Departement (Departement Pemasaran)
Bagian hotel yang bertanggung jawab memasarkan produk-produk hotel untuk di perkenalkan kepada konsumen, menciptakan strategi-strategi agar konsumen menginap dan memanfaatkan fasilitas hotel.
7.      Engineering Departement (Departement Tehnisi)
Bagian hotel yang bertanggung jawab atas penangan, perbaikan, dan pemeliharaan seluruh area dan asset hotel.
8.      Security Departement (Departemnt Keamanan)
Bagian hotel yang bertanggunh jawab menjaga seluruh keamanan hotel, meliputi karyawan hotel, para tamu dan asset hotel.

D.  Fasilitas-fasilitas yang tersedia
                  Di Hotel Borobudur ini terdiri dari 18 lantai, dan di setiap lantai kamar kira-kira jumlahnya terdiri dari 60 kamar. Dan setiap lantai kamar terdapat station (tempat menaruh atau menyimpan Trolley, Sheet dan Perlengkapan guest amenities, 4 lift ( 2 lift di dekat station dan 2 lagi di dekat tangga darurat, yaitu di ujung kamar yang biasanya di gunakan untuk room service).
Borobudur Hotel merupakan hotel berbintang yang mempunyai beberapa fasilitas, di antaranya :
1.  Kamar :
-  Guest Room / Kamar Tamu. Borobudur Hotel memiliki 700 kamar yang     terdiri dari :
a.       Presidential Suite
b.      Deluxe Suite
c.     Executive Suite
d.    Executive Room + CBF
e.     Club Suite
f.     Club Deluxe Suite
g.    Junior Suite
h.    Deluxe
i.        Superior
j.      Clasic
-      Apartement  Garden  Wing
Apartement  adalah  bangunan  yang  menyediakan  jasa  akomodasi  dalam jangka  waktu  yang  lama  dan  untuk  sejumlah  orang  dalam  unit  tersendiri  dengan  suatu  dapur  dan  ruang  tinggal  atau  ruang  makan.  Dan di  Hotel  Borobudur  ini  menawari  tamu   atau   wisatawan  untuk merasakan  suatu  keheningan  di  lingkungan     yang  sangat  aman,  terletak   dalam  23  hektar  kebun  tropis  yang  lebat  yang  memikat,  pilihan  sebanyak  1,  2  atau  3  partement. 
Kamar  tidur  sepenuhnya  melengkapi  dengan  perabot  dan menyervis   fasilitas  plus  tak  mencocokkan  mana  pun  lain  di Jakarta  dan  hanya   10  menit  naik  mobil  ke  mal  berbelanja utama,  hanya  kain  alami  yang  paling  baik,  marmar  dan  orang  Jawa  teakwood  bekas  di  sama  sekali  pintu  mebel  .
2.     Makan dan Minum, yang terdiridari :
            a.   Restaurant
Restaurant  adalah  Tempat  yang  menyediakan  pelayanan  makan  dan  minum.   Di   Hotel  Borobudur  ini  ada   6 restoran  tersedia  dari , Cina menawarkan ,  Jepang ,  Internasional ,  Italia  dan  masakan Indonesia .  Café  makan  malam  , seperti  : Bruschetta - restoran  italia dan bar ,  Miyama – restoran  jepang ,  Teratai - restoran   cina  dan  Singosari - Poolside  restoran  bagian  saat  ini  restoran  bermacam  hotel  Itu  menu  rasa  tamu  rasa  asia ,  kesenangan  Indonesia  sebagai baik  sebagai  favorit  internasional .  Dan tempat-tempat  untuk bersantai lainnya yang bisa di nikmati.
Beberapa-beberapa  restaurants  yang  ada  di  Hotel  Borobudur  :
a.       Churchill – Wine and Cigar Bar
Bar minuman anggur dan ruang duduk nyaman di mana seleksi luar biasa minuman anggur dan cigarsare bilyar pul yang berukuran seperti aslinya yang ada bilyar, menemukan di melobi level· terbuka tiap hari dari 12:00 noon sampai 00:00 jam-jam
b.      Bogor Café- All Day Dining
Hotel borobudur sepanjang hari makan rumah makan, melayani internasional dan Indonesia specialties memasukkan "sup yang " sangat " terkenal dan populer "buntut "(orang Jawa enak oxtail sop) itu sudah menjadi legendaris di antara penduduk setempat dan pengunjung sama, seleksi luas bufet Asia, Eropa dan Indonesia  bisa tiap hari melakukan sarapan, makan siang dan makan malam. Termasuk Ala carte.
Breakfast   :   06.00- 10.00
Lunch        :    11.30 - 14.30
Dinner       :  18.30 - 22.00
Supper       :  22.30 - 05.00
Spesial Menu :
-     Soup Buntut
-     Grilled Salmon
c.       Bruschetta – Italian Restaurant
perfect for business lunch or a romantic dinner.
d.      Miyama – Japanese Restaurant
Miyama restaurant adalah restaurant yang berkonsep ala makanan jepang, seperti teppanyaki, sushi dan tempura. Membuka sehari-hari makan siang dari 11,30 hingga 14,30 hours·   makan malam dari 18,30 hingga 22,30 hours· tatami kamar yang ada untuk memberi 4 sampai 12 akomodasi tamu, muat kapasitas 144 orang tamu.
e.       Teratai- Chinese Restaurant
Delicious Cantonese specializing in Dim Sum
Membuka setiap hari· makan siang dari 11,30 hingga 14,30 hours· Minggu dan publik liburan dari 09,00 hingga 15,00 hours· makan malam dari 18,30 hingga 22,30 hours· muat kapasitas 100 orang tamu.
f.       Singosari – Poolside Restaurant
Light meals and snacks
Singosari restoran tempat untuk mengendurkan dan saat melepas gulungan makan siang mempunyai atau makan malam . · Buka sehari-hari dari 7:00 a.m . – 8:00 p.m.· Buka sehari-hari dari 07.00 untuk 20.00 jam · Seating kapasitas 150 tamu.
g.      Pendopo Lounge - great for relaxing after a busy day. View of    gardens and pool. Live entertainment daily.
Tempat yang sangat tepat bagi anda menikmati teh dan kopi sambil menikmati pemandangan yang tropis. Buka 07.00-01.00. Buka sehari-hari dari 07.00 untuk 00.00 hours· Live musik availableMonday – sabtu :o 16.00 untuk 19.45 jam – Pianisto 20.00 untuk 24.00 jam – rombongan yang hidup · pengaturan kapasitas 90 tamu.Spesial Menu : Afternoon Tea Buffet / Ala Carte Menu
h.      Borobudur Gourmet
Borobudur Gourmet offers an irresistible selection of breads, fine quality chocolates, patisseries, cakes and other homemade delicacies.
Located at the Lobby Level
Open daily from 07:30 - 21:00 hours.
b.   Bar
c.    Coffee  Shop
3.      Fasilitas Penunjang lainnya, yang terdiri dari :
a.       Bussiness  Centre
Di  Hotel Borobudur  Jakarta  ini  menawari  eksekutif perusahaan  dari  sekitar  dunia  kemewahan  dan kenyamanan  salah  satu  kota  paling  baik  pusat  bisnis,  pusat  perusahaan  kami  sepenuhnya  diperlengkapi  dengan servis sekretaris,  akses internet,  mesin fotokopi,  memfax  mesin,  laptop  atau  desktop  uang  sewa  komputer  serta  juru  bahasa  lokal  untuk  menolong  anda  mendapat  pekerjaan  jabatan  pribadi  yang  dilakukan  dan  dua  kamar  menjumpai  yang  kecil  bisa  dipakai  untuk  bisnis  yang  bertemu  atau  keperluan  perusahaan  lain,   terbuka  tiap  hari  dari  07.00  sampai  23.00  jam.
b.      Klub  &  Spa  Borobudur
Spa adalah  perawatan  kulit  yang  umumnya  bagi  wanita  dan  laki-laki  juga  bisa.  Layanan  spa  untuk  wanita  dan  pria  dibuatkan  ruangan  terpisah.  Ruangan  untuk l aki-laki  ada  di  bagian  bawah  dengan  8  kamar  untuk  pemijatan.  Sedang  untuk  bagian  wanita  terdapat  dua  ruangan  pemijatan. Dalam  upaya  memperoleh  penampilan  indah,  semestinya  tidak  hanya  dengan  perawatan  luar  saja. 

          c.  Banquet  service 
Banquet  adalah  Produk  hotel  untuk  konsumen  yang  membutuhkan  layanan  mengadakan  perjamuan  makan  secara  group  atau  kelompok.  Layanan  jenis  perjamuan  yang  di  berikan  bergantung  dari  permintaan  konsumen.  Layanan  ini  bisa  di  lakukan  di  lingkungan  hotel,  namun  juga   tidak  menutup  kemungkinan  layanan  dilakukan  ke  luar  hotel.
d.   La fleur – Flower Shop
Looking for something special. Just drop in to La Fleur where fresh cut flowers, fine chocolates, and a wide selection of wines awaits you.
Our friendly and professional staff are ready to assist you with all your personalized gift-wrapping needs.
Located at the Lobby Level
Open daily from 09.00 to 22.00 hours
e.       Meeting and convention
Offers the venue of choice for prestigious events with service excellent and modern video conference services.
19 function rooms including Flores Ballroom with seating capacity of 1200 persons theater style is a perfect venue for seminars, exhibitions, wedding or other functions.
f.     Weddings
g.  Garden Parties
h.    Parking Area
i.      Bars
j.      Swimming Pool
k.    Jogging Track dengan studio aerobic
l.        Tennis Courts
m.  Squash courts
n.    Minni Soccer
o.    Lapangan Basket
p.    Laundry
-     Jenis pelayanan :
a. Untuk tamu yang menginap di Borobudur Hotel.
b.Pelayanan untuk industri.
c. Pelayanan untuk karyawan dan training Borobudur Hotel.
d.                              Untuk member Borobudur Hotel.
e. Pelayanan cepat dalam waktu 3 jam dengan tambahan pajak 100%.
-                                                                                                                                                                 Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelayanan laundry adalah :
a.    Pakaian yang di terima setelah pukul 10.00 akan di kembalikan siang  hari pada esok harinya.
b.   Di samping kuantitas disebutkan satu persatu, hitungan dari hotel harus benar, sesuai, dan dapat di terima. Bagian laundry tidak bertanggung jawab atas :
1.      Pengurangan atau pemudaran warna.
2.      Benda-benda berharga yang tertinggal di pakaian.
3.      Barang-barang yang tidak diambil setelah 90 hari akan menjadi hak milik hotel.
4.      Apabila terjadi kerusakan atau kehilangan, hotel akan bertanggung jawab untuk mengganti 10 kali lipat biaya pencucian (barang-barang akan menjadi hak milik hotel setelah penggantian).
5.      Tuntutan harus di ajukan 24 jam setelah pengantaran, dan disertai dengan list asli.
6.      Laundry tidak boleh diletakkan di luar ruangan atau kamar.         

Fasilitas  yang  di miliki  Hotel   untuk  karyawan  :
1.      Kantin   karyawan  (Dinning  Room)
Hotel  Borobudur  menyediakan  satu  kali  waktu  makan  pada  setiap  Shift. Karyawan  dan  Training  apabila  mau  makan  harus  membawa  Kupon  Makan. Karyawan  hanya  diijinkan  untuk  makan  pada  waktu-waktu  yang  telah  di  tentukan. Karyawan  tidak  diijinkan  untuk  membawa  makanan  dan  minuman  keluar  area  kantin.
2.      Area  Merokok
Hotel  Borobudur  menyediakan  Saung  Riung  sebagai  tempat  merokok.  Karyawan  tidak  diperbolehkan  untuk  merokok  diarea  lain  sebab  takut  mengganggu.
3.      Loker  Karyawan
Hotel  Borobudur  menyediakan  loker  karyawan  untuk  perempuan  dan  laki-laki  dan  ini  terpisah.  Gunanya  loker  karyawan  adalah  untuk  menyimpan  tas,  pakaian  tadi  yang sebelum  dia  bekerja  atau  barang-barang  yang  tidak  boleh  di  bawa  ke  tempat  kerja.  Di  loker  karyawan  ini  terdapat  kamar  mandi  atau  toilet  serta  untuk  membilas  rambut,  dan  juga  terdapat  tempat  beribadah  untuk  muslim  atau  Islam.
4.      Salon
Di  Hotel  Borobudur  ini  terdapat  juga  salon  untuk  karyawan,  yang  ingin  mengrias  diri  disini,  dan  ini  lokasinya  di  sebelah  loker  wanita.
5.      Klinik
Di  Hotel  Borobudur  juga  menyediakan  klinik,  yaitu  dimana  apabila  karyawan  sakit  di  tempat  kerja  dan  dapat  ditolongin  dulu  dengan  obat  yang  ada  di  sana  sebagai  penenang  sementara  dalam  sakitnya.









BAB III
 MENYIAPKAN KAMAR TAMU DI BOROBUDUR HOTEL JAKARTA

A. Pengorganisasian Room Attendent
            Housekeeping Departement adalah satu department dalam suatu hotel yang bertanggung jawab atas kerapihan, kebersihan, kenyamanan seluruh area hotel. Di dalam industri perhotelan, menjaga kerapihan, dan kenyamanan sudah menjadi tanggung jawab penuh bagi department housekeeping/ tata graha merupakan ujung tonggak keberhasilan dan kemajuan hotel, karena sebagaimana diketahui bawah tugas pokok housekeeping adalah menyiapkan kamar yang bersih, rapih, nyaman dan lengkap dan siap di sewa/ dihuni tamu.
            Di samping itu juga bagian yang penting dalam menentukan operasional atas hotel adalah di dalam ruang lingkup housekeeping, bahwa department housekeeping housekeeping ini memberikan service pada tamu di kamar harus sebaik mungkin, agar tamu merasa benar-benar puas atas pelayanan yang di berikan selama menginap di hotel dan layaknya seperti rumah sendiri.
25
 
Untuk memperlancar dan mencapai hasil yang maksimal, Room Attendent dibagi menjadi bagian yang mempunyai beberapa posisi dan tugas dan tanggung jawab, yaitu :
3.      Executive Housekeeper
Jabatan tertinggi di department tata graha yang mempunyai tugas dan tanggung jawab:
a.       Menyiapkan tindakan jika di perlukan terhadap pelanggaran sikap-sikap displinasi
b.      Membuat perenanaan dan pengawasan juga kerja room attendant
c.       Memeriksa dan mengambil tindakan jika di perlukan dari intruksi-intruksi, pesan, dan laporan dari pihak lain.
d.      Mengadakan pemeriksaan dan mengambil tindakan terhadap room attendant section tentang kebersihan peralatan, kelengkapan linen dan handuk, mengantisipasikan permintaan- permintaan khusus dari tamu.
e.       Mengambil tindakan jika terjadi hal-hal yang tidak semestinya terhadap lampu-lampu corridor, standing ashtray, wall paper dan peralatan lainnya yang ada di dalam hotel.
4.      Floor Supervisor
      Bagian yang bertugas  mengawasi room attendant di setiap floornya, floor supervisor juga mempunyai tugas dan tanggung jawab seperti :
a.       Mengontrol kehadiran room attendant.
b.      Mengadakan dan melaksanakan kegiatan administrasi karyawan tata graha dan mensuplies kebutuhan room attendant terhadap guest supplies.
c.       Mengadakan dan pengeekan dan supply mini bar yang terletak di setiap kamar tamu.
d.      Turut melaksanakan investarisasi semua peralatan dan barang yang ada di department tata graha.
e.       Melaksanakan tugas yang di bebankan oleh atasan demi kelanaran aktivitas department tata graha.
5.    Office Clerk
      Bagian yang bertugas terhadap pencatatan dan membantu Housekeping report yang di sampaikan ke Front Office department. Selain itu office clerk juga mempunyai tugasdan tanggung jawab seperti :
a.       Menetapkan karyawan dan memindahkan tugas, membina dan mengawasi aktivitas bawahannya agar patuh pada hotel policies dan prosedur kerja.
b.      Mengadakan kordinasi tugas dengan department terkait proses lebih cepat dan efisien.
c.       Memelihara dan mempertahankan standart service/ pelayanan dan mutu.
d.      Bertanggung jawab dalam penempatan dan pelaksanaan serta membuat laporan kegiatan yang di sampaikan kepada manager unit
e.       Menghadiri rapat atau pertemuan sesame department head dalam rutin meeting atau juga dengan staff bawahannya
6.      Room Attendent
      Bagian dari Housekeeping department yang mempunyai tanggung jawab atas kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar-kamar tamu selain itu juga dan tanggung jawab Room Attendent adalah :
a.       Mengadakan pembersihan kamar tamu sesuai dengan urutan pembersihan kamar yang telah di tentukan oleh manager  hotel yang bersangkutan.
b.      Melengkapi dan mengganti linen kamar atau guest supplies.
c.       Mempersiapkan kamar kosong serta melakukan pembersihan dan melengkapi bila ada kekurangan.
d.      Melaporkan secepatnya kepada atasan mengenai kamar yang siap di jual juga melaporkan bila ada kerusakan pada perlengkapan kamar.
e.       Mengisi room sheet yang telah di siapkan sebelumnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan menyerahkan kepada floor supervisor dan beberapa  divisi dan department yang ada di dalam Borobudur Hotel antara lain :


7.    Linen Section
      Section yang bertanggung jawab atas kelancaran pelayanan pencatatan sirkulasi linen dan uniform serta cucian dari tamu baik dari segi kebersihan serta kerapihan dan system pembagian linen section juga mempunyai tugas dan tanggung jawab seperti :
a.       Mengitung dan mencatat semua linen dan handuk yang di ambil oleh room attendant yang di perlukan untuk mengganti linen yang ada di kamar tamu
b.      Mencatat dan menjumlahkan linen serta cucian tamu yang di serahkan oleh Valet (Petugas yang mengambil dan mengantar cucian  tamu dari dan ke kamar tamu), dan kemudian menyerahkan kembali kepada valet untuk di bawa ke laundry.
c.       Menyusun dan merapikan linen dan seragam karyawan sesuai dengan urutan tempatnya masing-masing dan menyerahkan kepada valet semua cucian tamu yang bersih untuk di antarkan kepada tamu yang bersabgkutan
8.    Laundry Section
      Section yang bertugas atas pencucian atas linen-linen atau sheet-sheet , serta towel, napkin, pakaian tamu dan seragam karyawan yang ingin di laundry . Selain tempat pencucian yaitu tempat pengefreshan  atas linen atau sheet, towel, napkin, seragam karyawan , serta pakaian tamu.

9.    Room Section
      Room Section bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar- kamar tamu.
10.Office Section
      Office Section bertanggung jawab atas pencatatan dan pembuatan housekeeping report yang akan di sampaikan ke front office department.
11.  Telephone Operator
Bagian penunggu berita,dan bagian memberi tahu kepada pramugraha / room boy atas pembagian kamar yang dikerjakan. Dan biasanya tamu memerlukan sesuatu   dan komplain  atas kamar tamu, dia  memberi tahu atau informsi di telephone  operator.
12.  Uniform
Bagian yang bertugas atas seragam karyawan (atas seragam yang bersih, rapih, dan lengkap), dan pakaian anak training. Karyawan sebelum bekerjadia biasanya mengambilpakaian atau seragam yang bersih di uniform.
Dan dia harus membawa pakaian atau seragam yang kotor lalu di tukar dengan  yang bersih. Dan uniform ini juga melayani atas rusaknya(sobeknya) atau copotnya kancing di seragam itu, seperti menjahit oleh staff yang berada  di uniform.
13.Sewing Room
Bagian yang menyediakan perlengkapan-perlengkapan tamu seperti, guest aminitiest, atas napkin-napkin untuk room boy, chemical-chemical yang untuk membersihkan dan di berikan kpada room boy. Sebelum di berikan kepada  room boy biasanya  room boy tersebut mengisi sesuai nomor dan menandatangani supaya tahu room boy tersebut ada atau tidaknya. Mengobras(napkin yang telah sobek atau tidak rata di betulkan oleh mesin jahit). Disini juga melayani seperti order taker, order taker ini bisa di telephone operator dan di sewing room. Order taker yaitu mengantarkan permintaan kebutuhan atau yang di inginkan.
14.Carpet (House man floor)
Bagian yang menangani dan membersihkan atas penggantian karpet kotor dengan yang bersih, pemotongan, pembersihan karpet atau floor spot yaitu membersihkan apabila ada noda kecil yang menempel di karpet, dan sofa-sofa yang ada di kamar tamu.
15.Garden
Bagian yang menangani kebun-kebun, seperti menghias mini garden apabila ada acara-acara, seperti wedding, rapt, dll.
Dan menyirami seluruh atau semua tanaman-tanaman atau bunga-bunga agar tetap fresh atau segar.

B. Peralatan dan Perlengkapan Kerja
      Dengan tercapai hasil kerja yang maksimal di dalam mempersiapkan dan memelihara kebersihan dan kenyamanan kamar tamu serta menciptakan suasana segar bagi tamu, seorang room attendant membutuhkan beberapa peralatan dan perlengkapan yang memadai dalam rangka menciptakan kenyamanan bagi setiap tamu yang mebginap di hotel.
Perlengkapan dan peralatan yang di butuhkan adalah sebagai berikut :
a. Vacum Cleaner, yaitu alat yang di gunakan untuk  menyedot debu dan kotoran kecil pada permukaan lantai atau perabot yang menggunakan busa atau sofa.
b. Toilet bowl brush, yaitu sikat yang bertangkai yang di pakai khusus untuk membersihkan toilet bowl.
c. Lobby Duster, yaitu sapu yang di gunakan untuk menyapu permukaan lantai seperti lantai keramik.
d. Broom, yaitu sapu yang di gunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran.
e. Dust Cloth, yaitu kain yang di gunakan untuk membersihkan permukaan perabot yang terbuat dari kayu.
f.    Wipper, yaitu alat yang terbuat dari karet yang di gunakan untuk menyapu air pada permukaan kaca.
g.   Hand Sprayer, yaitu alat untuk menyemprotkan chemical pada perabot yang hendak di bersihkan.

C. Prosedur Menyiapkan Kamar Tamu
1. Persiapan sebelum pelaksanaan kerja
      Sebelum membersihkan kamar, room attendant  (petugas kebersihan kamar) harus menyiapkan trolley-nya terlebih dahulu untuk memperlancar pekerjaannya untuk menghemat waktu.
 Cara menyusun trolley yang baik adalah sebagai berikut :
a.                Mempersiapkan Trolley.
b.               Memeriksa trolley dalam keadaan harus bersih
c.                 Memeriksa trolley dalam keadaan harus bersih
Periksa beberapa barang guest yang di perlukan, seperti Mengambil kebutuhan-kebutuhan yang akan di gunakan, seperti: Towel, Guest Aminities, Aqua bottle, Tissue, Sheet, Pillow cases, dsb.
d.               Membawa Basket/ keranjang yang isinya antara lain: obatan-obatan/ chemical-chemical, Alat-alatnya, seperti  brush toilet, sponges, dll. untuk dustings.
e.                Masukkan barang-barang ke dalam trolley seperti petunjuk yang di berikan
f.                 Periksa kantong linen atau tempat sampah, apakah tidak robek dan bersih
g.                Letakkan keranjang dan tempat alat-alat tulis dengan rapih di atas trolley
h.               Dorong trolley dengan hati-hati untuk menghindar pada dinding corridor
i.                 Memeriksa status kamar. Kamar yang C/O, Occopied, C/I, Lebih di dahulukan di bersihkan.
j.                 Usahakan trolley dalam keadaan rapih, kebersihan trolley meliputi :
1)                  Linen tidak boleh keluar dan dalam trolley
2)                  Koran di simpan di antara kantong sampah dan trolley
3)                  Sabun yang sudah terpakai oleh di kumpulkan dan di bawa ke department housekeeping untuk di ganti dengan yang baru
4)                  Sisa makanan tamu di buang ke tempat sampah
2. Perlengkapan yang harus di bawa oleh room attendant sebelum masuk kamar yaitu              cady (tempat chemical) yang berisi antara lain :
a.                   Hand sprayer yang berisi Furniture Polish, yaitu chemical untuk memperkilat permukaan furniture yang terbuat dari kayu, agar kayu tidak rusak.
b.                  Hand Sprayer yang berisi Air Fresher, yaitu chemical yang gunanya sebagai pengharum ruangan di kamar tamu.
c.                   Hand Sprayer yang berisi Metal Polish, yaitu chemical yang digunakan untuk menghilangkan kotoran dan memperkilap permukaan perabot yang terbuka dan, Chrome, stainless steel, kuningan, tembaga, dan benda-benda lainnya yang terbuat dari logam.
d.                  Hand Sprayer yang berisi Glass Cleaner, yaitu chemical yang di gunakan untuk membersihkan benda dari kaca.
e.                   Hand Sprayer yang berisi Multi Purpose Chemical, yaitu chemical yang serbaguna yang biasa di gunakan untuk semua permukaan perabot peralatan.
f.                   Hand Sprayer yang  berisi Desinfectan Floor Cleaner, yaitu chemical yang di gunakan sebagai pembasmi kuman dan memberikan pewangi dan mengkilapkan lantai.
Adapun alat-alat lain yang terdapat di Cady (tempat chemical) adalah :
- Sponge alat untuk membersihkan bath tub dan wash basin
-  Toilet bowl brush untuk membersihkan bagian toilet bagian bowl
-  Dust cloth untuk mengepel lantai kamar mandi
-  Glass cloth untuk membersihkan kaca dan gelas
-   Sikat yang bertangkai untuk membersihkan bagian yang tersulit
a.       Langkah-langkah membersihkan kamar yaitu :
-    Linen di susun rapi di dalam roomboy trolley, dan trolley tersebut harus menghadap ke kamar tamu.
-    Ketika masuk kamar tamu, mengetuk pintu 3X atau membunyikan bel apabila ada bel, sambil harus memperhatikan diri dengan jelas, misalnya dengan menyebutkan “ Housekeeping atau room boy atau room girl”.
-  Menyalakan lampu untuk melihat apabila ada yang rusak / tidak nyala, apabila hanya putus segera di ganti apabila bisa, apabila tidak bisa meminta tolong temen yang bisa, tetapi kalau kerusakan sudah di luar kemampuan segeramelapor ke departement engineering dengan menelephone ke office house keeping dan office housekeepin akan segera memberi tahu ke orang engineering.
-  Mengecek seluruh kamar secara sekilas, mungkin ada hal-hal yang perlu di perhatikan secara khusus, terutama kalau status kamar CO. Mungkin saja ada barang tamu yang tertinggal atau perlenglapan kamar yang rusak atau terbawa oleh tamu. Jika terjadi hal seperti ini  segera menghubungi office atau fo.
-  Membuka tirai jendela kamar tidur tamu agar cahaya dapat masuk ke kamar dan matikan lampu, kecuali lampu yang berada di atas bed, dan lampu pada pintu masuk agar pada saat memasuki kamar dapat melihat keadaan kamar, bila kamar tersebut tamunya sudah check out matikan TV bila masih keadaan menyala, dan putarlah switch AC low, tapi bila kamar itu isi (Occupaid) maka AC dan TV tidak boleh di rubah.
-    Mengecek mini bar bila sempat.
-    Menaruh piring, gelas sisa makanan atau minuman tamu, vas bunga biasanya suka di berikan atau memakai vas bunga. Dan itu semua di taruh di luar atau di depan kamar supaya di ambil oleh room service.
-    Mengecek kamar mandi, membuang sampah atau barang yang tidak berguna .
-    Mengumpulkan gelas-gelas kotor,asbak (astray) apabila kamar tersebut untuk smooking biasanya diberikan asbak (astray) yang telah di pakai oleh tamu lalu direndam air panas supaya kotoran atau kuman hilang dan di bersihkan dengan multi propose yaitu chemical.
-    Dan dikeringakan dengan napkin yang telah di sediakan, dan itu tidak boleh dicampur dengan untuk dusting. Mengecek minuman botol aqua yang diberikan, apabila habis di tambahin, atau botol kosong di tukar yang baru.
-    Mengangkat dan mengumpulkan sheet dan handuk yang kotor di taruh di trolley yang telah di sediakan tempatnya, mengibaskan sheet agar apabila ada barang tamu yang tertinggal, bisa langsung terlihat. Perhatikan kondisi sheet, misalnya yang robek atau bernoda. Langsung masukkan saja di trolley yang di tempat untuk shet-sheet kotor.
-    Membersihkan lantai dari tempat yang terjauh dahulu, membersihkan sudut-sudut dan kolong-kolong.
-    Setelah menaruh sheet kotor di tempatnya, segera mengambil sheet yang bersih dan guest supplies dan Semua handuk yang sudah di pakai diganti dengan yang baru.
-    Mulai melakukan making bed dengan sheet yang baru. Cara melakukan making bed adalah sebagai berikut :
-          Lipat bed cover dan di letakkan di tempat yang dapat   diletakkan di lantai karpet.
-          Membuka Sheet satu persatu, agar barang yang tertinggal dapat di ketahui oleh room attendant.
-          Mengambil Sheet yang bersih sesuai dengan ukuran tempat tidur, mengecek bed pad.
Dan bila di temukan dalam keadaan kotor atau rusak harus cepat diganti. Kemudian menngecek kolong atau bagian bawah tempat tidur, karena di khawatirkan ada barang tamu yang tertinggal kemudian di lanjutkan dengan langkah sebagai berikut :
1.      Pemasangan Sheet pertama, bagian yang halus di letakkan di atas, lalu ke empat sisinya dilipat ke bawah kasur (mattress) dengan setiap sudut sheet di lipat segitiga.
2.      Pemasangan Sheet kedua, bagian halus diletakkan dibawah, pada  pemasangan sejajar dengan yang di bawah.
3.      Pemasangan duve, pada sisi bagian atas di tarik ke bawah kurang      lebih 25 cm, untuk tempat bantal, sheet kedua di letakkan di atas duve.
4.      dan di lipatkan ke bawah sisinya di lipat segitiga, lalu pasang bed cover dan di atas bed cover letakkan pillow cases.
n.  Dusting
o. Mengganti semua guest supplies dengan yang baru, contohnya seperti amenities dan stationary.
p. Mencuci dan mengeringkan gelas dan ashtray yang ada dibawah wash basin.
q. Mulai membersihkan kamar mandi adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
-          Membawa masuk semua alat-alat pembersih.
-          Membuang sampah-sampah yang ada di kamar mandi.
-          Membersihkan bath tub.
-          Membersihkan semua bath room, soap, dish, dan head shower    dengan menggunakan chemical, lalu di keringkan secara keseluruhan.
-          Membersihkan wash basin dengan menggunakan chemical dan di keringkan.
-          Membersihkan toilet bowl dengan cara di bersihkan dan di berikan chemical.
-          Membersihkan bath room
-          Membersihkan bath room dengan cara mengepel lantainya menggunakan chemical dan dust cloth secara menyeluruh dan teratur.
r. Membersihkan pintu masuk
s. Take a last look (check kembali)
-          Berdiri sejenak, untuk memeriksa dan memastikan keseluruhan ruangan apakah semuanya sudah dalam keadaan bagusdan rapi serta tidak ada peralatan dan perlengkapan yang telah di gunakan yang tertinggal.
-          Sebelum meninggalkan kamar, periksa lampudan periksa AC (Air Conditioner) di karenakan takut masih ada yang menyala.
-          Menginformasikan kepada housekeeping office apabila ada kerusakan agar segera di perbaiki oleh engineering.
-          Menyemprotkan Air Freshner untuk menghilangkan bau yang tidak sedap.
-          Melengkapi guest supplies.
-          Perhatikan sekali lagi seluruhnya apakah ada yang kurang atau salah.
-          Tutup semua jendela dengan tirai tipis.
-          Tutup pintunya dan yakinkan bahwa pintu telah aman dan benar-benar tertutup.
-          Catatlah sebagai laporan room status record.
3.         Perlengkapan untuk kamar tamu :
a. Perlengkapan Stationary kit, yang termasuk dalam stationary kit antara lain :
      - Writing table lamp
      - Brosur-brosur tentang fasilitas hotel
      - Envelope
      - Telephone Book
      - Guest command slip
      - Ballpoint
      - Memo pad
b. Laci yang terdapat di stationary holder yang berisi :
      - 2 buah kertas surat
      - 2 buah amplop
      - 2 buah kertas fax
      - 5 buah notepad
c. Perlengkapan di lemari pakaian
      - 1 buah laundry bag beserta listnya
      - 3 buah male hanger
      - 2 buah satin hanger
      - Shoes horn and shoes brush
      - Shopping bag
      - Safe deposit box
      - Slipper
      - Bath Roop
d. Perlengkapan bath room meliputi towel dan guest supplies standartnya adalah
      - 2 Bath Towel
      - 2 Hand Towel
       - 1 Bath Mad
- 2 Face Towel
- 1 Raber Mad
- 1 Duvey cover
- 2 Bath Roop
- 1 Mouthwash
- 1 Bath Foam
- 1 Body Lotion
- 1Shampoo and 1 Conditioner
- 1 Comb
- 1 Tooth Brush and paste
- 1 Shaving Kit / Rajor
- 1 Shower Cup
- 1 Hand Soap
- 1 Cotton Bud
- 1 Emery Board
- 1 Sewing Kit
- 1 Sanitary Bag
- 2 Bottle Aqua
- Tissue box
- Toilet paper
- Glass Cloth
e. Perlengkapan TV dan Mini Bar :
    - Remote control colored TV with satellite channels
    - Movies Schedule
    - Ice Bucket
    - Mini Bar List
    - Pembuka tutup botol
    - Coffee dan tea facilities
    - Fax machine
    - Three-line IDD telephones with voice mail
    - PC and internet connection
    - Mini-bar, coffee/tea making facilities
    - In-room safety deposit box
f. Perlengkapan tempat tidur antara lain :
   - Spring Bed
    - Mattrass
    - Bed Skirt
    - Bed Pad
    - Sheet
    - Blaket
    - Bed Cover
    - Pillow Cases
g. Perlengkapan Room Supplies antara lain :
- Asthray (khusus kamar yang berfasilitas untuk smoking room)
- Matches
- Lamp
h. Perlengkapan di pintu antara lain :
-          Don’t disturb sign
-          Please make up room
-          Laundry
i. Other Supplies Stationary, antara lain :
-          Laundry Bag
-          Room Service Menu
-          Shoe Shine Cloth
j. Perlengkapan-perlengkapan lainnya :
-          Tempat sampah di dekat meja tulis dan di kamar mandi
-          Standing lamp dan meja bundar serta kursinya
-          Ashtray dan korek api serta majalah terletak di atas meja bundar
- Telephone terletak di atas bed side table

D.      Hubungan  kerjasama Room Attendent
            Sehubungan dengan operasional housekeeping yang meliputi beberapa kegiatan, maka di perlukan adanya jalinan kerjasama atau team work yang baik dengan karyawan lain yang ada pada bagian lain di dalam hotel.
            Hubungan kerja room attendant ini meliputi kondisi keterkaitannya di dalam proses pembersihan kamar. Keterkaitannya yang di atas tersebut itulah yang di maksud dengan hubungan kerjasama yang harus berjalan dengan lancer, efektif dan efisien guna menciptakan produktifitas kerja secara maksimal dalam rangka menghasilkan keuntungan melalui kerjasama di dalam pembersihan kamar di hotel.
            Adapun hubungan kerjasama room attendant dengan bagian lain di antaranya adalah sebagai berikut :
1.      Hubungan kerjasama dengan Front Office Departement
Hubungannya adalah dalam hal penjualan kamar, status kamar, room discrepancy dan change room.
2.      Hubungan kerjasama dengan Engineering Departement
Hubungannya adalah dalam hal kerusakan perlengkapan kamar, peralatan kerja dan kerusakan mesin.
3.      Hubungan kerjasama dengan Food and Beverage Departement
Hubungannya adalah dalam hal pengiriman makanan dan minuman ke dalam kamar.
4.      Hubungan kerjasama dengan Marketing Departement
Hubungannya adalah dalam hal pemasaran produk housekeeping yaitu kamar.
5.      Hubungan kerjasama dengan Purchasing Departement
 Hubungannya adalah dalam hal pembelian barang kebutuhan operasional housekeeping.
      Hubungan kerjasama room attendant sangat berpengaruh di dalam kelancaran pelayanan pembersihan kamar, sehingga akan terjadi hambatan jika hubungan kerja ini tidak berjalan lancar secara akurat dan efisien. Kekurangan informasi yang akurat akan menimbulkan kesalahpahaman antara dua pihak yang bekerjasama itu  sendiri  dan akan menghasilkan sesuatu yang tidak sesuai dengan yang di harapkan sebelumnya.




BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Setelah penulis mengerjakan praktek kerja lapangan di Borobudur Hotel, penulis menyimpulkan bahwa Hotel Borobudur Jakarta adalah salah satu bentuk akomodasi penginapan yang terletak di Jakarta Pusat yang lebih tepatnya di Jalan Lapangan Banteng Selatan dan dekat  dengan  Istana  Presiden .
            Hotel Borobudur Jakarta mempunyai dua gedung yang masing – masing gedung mempunyai beda-beda lantai, Hotel Borobudur Jakarta menawarkan kombinasi yang unik, dari akomodasi hotel, apartement, dan pelayanan perkantoran.
            Penulis menyimpulkan bahwa betapa penting tugas dan tanggung jawab seorang Public Area, dan Room Attendent di suatu hotel. Hubungan House Keeping department dengan department – department lain, yang ada di suatu hotel sangat berperan, tanpa adanaya kerjasama yang baik, maka perusahaan tidak akan maju.
            Hotel dalam pengoperasinya menitik beratkan pada service yang di berikan pada tamu yang dating, sehinnga dalam pelaksanaannya akan selalu menghadapi berbagai macam permasalahan dimana timbul dari kekurangan procedure kerja.
            Kekurangan yang ada ada dalam melaksanakan tugas adalah sebagai berikut :
a.       Dalam mengoperasikan linen-linen agak lambat dalam menyediakan kebutuhan kamar tamu.
b.     
46
 
Kurangnya memiliki sifat disiplin.
c.       Kurangnya kerapihan atau perfomance pada karyawan.
Adapun kelebihannya antara lain :
1.      Memiliki sifat kekeluargaan dengan tamu, atasan dan rekan kerja.
2.      Bentuk kerjasama antara karyawan terlihat sangat baik sehingga tampak keharmonisan antara sesama karyawan.
3.      Pelaksanaan operasional yang di lakukan oleh para room attendent telah di lakukan dengan baik, rapih, dan cepat.
4.      Saling memiliki rasa tugas dan tanggung jawab masing-masing yang baik dan dalam berkomunikasi sangat bagus.
Kesimpulan  yang dapat saya ambil selama terjun langsung ke praktek kerja :
Wawasan-wawasan  dari  pelajaran  tentang  House  keeping  ini  sangat  bermanfaat  bagi  penulis  karena  tanpa  adanya  praktek  ini,  penulis  akan  selamanya  tidak  mengerti  dan  juga  pembelajaran  ini  sangat  bagus  karena  ini  sama  saja  melatih  kita  seberapa  kuat  dalam  belajar  praktek  ini,  jadi  pada  suatu  saat  dalam  melakukan  kerja  langsung  nanti  akan  sudah  mempuyai  wawasan  atau  keahlian  atau  terampil  yang  dapat  mendukung  penulis  dalam  bekerja.  Dan  langsung  mempunyai  tekad  apa  yang  ingin  di  lakukan  ataupun  di  kerjakan.  Jadi  penulis  sangat  mengucapkan  terima  kasih  kepada  pihak  Hotel  Borobudur  Jakarta  yang  telah  menerima  penulis  langsung  terjun  ke  dunia  Praktek  kerja  lapangan  atau  industri  ini  dan  Sekolah  Pariwisata  Gema  Gawita  Tangerang  yang  telah  mengadakan  Prakerin  ini.

B.   Saran-saran
           Setelah penulis melaksanakan prakerin dibagian housekeeping departement di Borobudur Hotel Jakarta selama 3 bulan, penulis menyampaikan beberapa saran yang mungkin dapat bermanfaat atau berguna di antaranya adalah :
1.         Perlu di adakan tindakan-tindakan oleh superisor kepada bawahannya yang melakukan pekerjaan tanpa mengikuti prosedur kerja yang telah dicanagkan dan agar lebih disiplin dalam bekerja..
2.         Sebagai housekeeping staff dan karyawan Borobudur Hotel sebaiknya dalam menjalankan operasionalnya, housekeeping departeent harus memiliki kerjasama yang baik agar kegiatan operasional dapat berjalan dengan lanar.
3.         Dengan adanya pelatihan kerja, dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas kepada siswa agar lebih mengerti lagi tentang dunia kerja.









BIOGRAFI PENULIS

Nama Lengkap                        : Dina Safitri
Tempat/Tgl Lahir                    : Tangerang, 18 Maret 1993
Agama                                     : Islam
Kewarganegaraan                   : Indonesia
Alamat                                    : Jl. Lestari Elok D II F No 16
                                                  Perumahan Medang Lestari- Tangerang
Pendidikan                                          : 2007-2010 SMK Gema Gawita, Tangerang
                                                  2004-2007 SMP.N 13,Tangerang
  1998-2004 SDN Medang Lestari,  Tangerang
Pengalaman Kerja               : On The Job Training selama 3 bulan  di Departement  Housekeeping Borobudur Hotel Jakarta


Demikianlah biografi ini saya buat dengan sesungguhnya.







DAFTAR PUSTAKA


Djumadi, Diklat Pelajaran Tata Graha Perhotelan Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Gema Gawita, Tangerang: PT. Tifiling, 2007.
Diklat Hotel. Nama-nama peralatan dan Istilah-istilah kamar, Jakarta: Borobudur Diklat Sekolah. Panduan Karya Tulis Akhir, Tangerang, SMK Pariwisata GEMA GAWITA.

 





























Tidak ada komentar: